Pages

Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit




Larutan merupakan campuran yang homogeny (serba sama) antara dua zat atau lebih. Larutan tersusun dari zat pelarut dan zat terlarut. Antara zat terlarut dan pelarut delam suatu larutan tidak dapat dibedakan lagi. Zat terlarut dalam larutan jumlahnya lebih sedikit daripada pelarutnya. Ketika larutan terbentuk, zat terlarut terurai dan bercampur sempurna dengan pelarutnya.


Berdasarkan sifat daya hantar listriknya, larutan dibedakan menjadi dua, yaitu larutan elektrolit dan nonelektrolit. Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik, sedangkan larutan nonelektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Larutan elektrolit terdiri dari larutan elekrolit kuat dan larutan elektrolit lemah.

Jika larutan dalam alat penguji elektrolit mengakibatkan terbentuknya geembung dan lampu menyala terang, maka larutan itu adalah elektrolit kuat. Sementara itu, jika menimbulkan gelembung – gelembung dan lampu menyala redup bahkan tidak menyala, maka larutan itu adalah elektrolit lemah.

Summary:dEfiaNtLad
Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/exact-sciences/chemistry/2052877-larutan-elektrolit-dan-nonelektrolit/

0 komentar:

Poskan Komentar