Pages

Gangguan Pada Kelenjar Tiroid



Kelenjar tiroid (gondok) mengeluarkan tiroksin (thyroxin) yang berfungsi untuk mengatur kecepatan metabolis, yakni mengatur pergantian zat-zat (sekresi) dalam tubuh manusia. Kalau kelenjar tiroid terlalu aktif, maka akan muncul gangguan hipertiroidisme, dan dengan demikian juga sebaliknya kalau kurang aktif, maka akan terjadi gangguan hipotiroidisme.

Hipertiroidisme
Hipertiroidisme yang juga disebut Grave’s disease terjadi karena sekresi tiroksin berlebihan yang mempercepat metabolisme sehingga dapat menimbulkan penyakit yang dinamakan exophthalmie goiter dengan simtom fisiknya ialah kehilangan berat badan, biji mata menonjol keluar, getah kelenjar keluar secara berlebihan, metabolisme jasmani berlebihan dan diper-cepat, dan badan menjadi gemetar. Sedangkan simtom psikisnya adalah insomnia, kecemasan, sangat emosional, mudah marah, fobia, suasana hati sa-ngat cepat berubah, aktivitas motor berlebihan, gelisah, bahkan delusi-delusi atau halusinasi-halusinasi yang berlangsung tidak lama. Barbara Bush (istri George Bush) pernah dirawat karena menderita penyakit ini.
Hipotiroidisme
Gangguan ini terjadi karena tingkat-tingkat tiroksin rendah (sekresi tiroksin kurang) dan mungkin akan menyebabkan cretinisme pada masa kanak-kanak dan myxedema pada masa dewasa. (Myxedema terdiri dari kata mix atau muxa yang berarti lendir atau cairan dan oedeem [oedema, oideoo] yang berarti pembengkakan. Dengan demikian, myxedema berarti penimbunan cairan pada jaringan di bawah kulit.)
Cretinisme disebabkan karena kekurangan tiroid pada masa kanak-kanak dengan ciri-cirinya: tubuh kerdil, sangat jelek, keriputan tidak kenian; kulit benvama kuning pucat, lembek, dan keriput-keriput pada daerah dahi dan di sekitar mata; kepalanya sering sangat besar, dan kakinya berbentuk pendek serta bengkok: tangan dan kaki terutama jari-jarinya sangat buruk dan tumpul: hidung lebar dan penyek; letak mata jauh satu sama lain; bibir sangat tebal dan menonjol ke depan, mulut selalu terbuka dan lidahnya tebal serta menjulur ke depan; masa puhertasnya sangat lambat, dan pada umumnya mereka steril; makannya sangat rakus, gemuk, tetapi jasmaninya lemah; jalannya tidak tegap, terayun-ayun dan bergoyang-goyang, gerakannya kaku dan sukar.
Myxedema disebabkan karena kekurangan tiroid pada masa dewasa dengan ciri-cirinya ialah bentuk tubuh keriput-keriput, kulit sangat kering, menderita pembengkakan jaringan di bawah kulit; wajah pucat atau kuning; napas pendek tersengal-sengal karena jantung membesar, dan detak jantung sangat lambat; pasien menderita penyakit anemia (kurang darah); kuku pipih dan rapuh; rambut kering, dan jarang; pasien tidak bisa berkeringat, serta ada rasa gatal dan panas pada kulit; gerak lamban.
Gejala
Simtom psikis dari kedua penyakit di atas adalah retardasi mental, fungsi kejiwaan pada umumnya tidak berkembang, energi psikis sedikit sekali, apatis, malas, sulit berkonsentrasi dan tidak mampu mengingat kejadian-kejadian meskipun baru saja terjadi. Penggunaan secara luas garam yodium yang bisa mencegah kekurangan-kekurangan tiroid menyebabkan kejadian hipotiroidisme menjadi berkurang.

0 komentar:

Poskan Komentar